STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ( SKL ) UN 2010
MATA PELAJARAN IPA FISIKA DAN BIOLOGI SMP/MTs :
1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti menggunakan alat ukur yang sesuai :
- Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai.
- Membaca alat ukur.
2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya :
- Menentukan salah satu variabel dari rumus massa jenis.
- Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian.
- Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor (Q = m.c.T)
3. Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) :
- Membedakan jenis gerak lurus.
- Mengidentifikasi gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari.
- Menentukan variabel dari rumus tekanan.
- Menyebutkan perubahan energi dalam suatu alat sehari-hari.
- Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi.
- Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana (pengungkit, tuas, bidang miring).
4. Memahami konsep-konsep dan penerapan getaran, gelombang, bunyi, dan optik :
- Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang.
- Menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta manfaatnya.
- Menentukan besaran fisika jike benda berada di depan cermin atau lensa.
- Menentukan besaran pada alat optik dan kegunaannya sehari-hari.
5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan :
- Menjelaskan gejala listrik statis.
- Menentukan jenis muatan listrik.
- Menentukan besar energi dan daya listrik.
- Menjelaskan cara pembuatan magnet.
- Menentukan kutub-kutub magnet yang dihasilkan dari elektromagnetik.
6. Memahami sistem tata surya dan proses di dalamnya :
- Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya
- Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan.
7. Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman mahluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar mahluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian mahluk hidup dalam kehidupan :
- Mendeskripsikan ciri-ciri mahluk hidup.
- Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan mahluk hidup.
- Menjelaskan interaksi antar mahluk hidup dalam ekosistem.
- Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
- Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan mahluk hidup.
- Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan.
8. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/ organ-organ pada tumbuhan dan manusia :
- Menentukan jenis tulang/ sendi/ otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya.
- Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
- Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah.
- Menjelaskan proses sistem ekskresi (ginjal).
- Menjelaskan sistem saraf pada manusia.
- Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan.
- Menjelaskan respon tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
- Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan-percobaan fotosintesis.
9. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan
- Menjelaskan konsep perilaku mahluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
- Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel.
- Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat dan meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme beserta contohnya.
- Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
10. Menjelaskan bahan kimia alami dan buatan terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan.
- Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan.
- Mendeskripsikan pengaruh zat aditif/ psikotropika pada tubuh manusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar