Minggu, 13 Desember 2009

VARIASI PEMBELAJARAN FISIKA


FISIKA MAKIN ASYIK ?

Kegiatan pembelajaran fisika yang semakin menarik dan tidak membosankan harus selalu diupayakan baik oleh guru maupun siswa. Guru harus kreatif mengelola kegiatan pembelajaran yang menjadi tanggung jawabnya. Selain mengajak para siswa untuk melakukakan berbagai percobaan/eksperimen/ belajar dari alam sekitar maka tidak ada jeleknya kalau pembelajaran menggunakan media power point juga dicoba.

Kegiatan dalam gambar berikut merupakan salah satu inovasi yang dirancang untuk mengurangi kebosanan siswa dalam belajar fisika. Materi yang sedang dipelajari oleh kelas XI IPA SMA Sang Timur Yogyakarta ini adalah Impuls dan Momentum. Selain menggunakan media pembelajaran Power Point siswa juga melakukan kegiatan bermain untuk tahap eksplorasi. Pada saat berlangsung kegiatan bermain terjadilah interaksi antar siswa, kerjasama, diskusi dan akhirnya menemukan konsep.




Dalam mengajarkan fisika, berbagai metode bisa dikembangkan dan digunakan secara bervariasi dalam satu kegiatan pembelajaran. Metode tanya jawab juga merangsang para siswa untuk berpikir, biarkan anak ribut untuk mendiskusikan dengan teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar